Senin, 25 Oktober 2010

Puisi “Aku” oleh Khairil Anwar dalam Bahasa Wotu


yau..
anu na ratte me wattu’u
edo u melo la garu i ito’e
edo dua iyyo..
billi mutangi.. billi mukarra..
yau olokolo..
pole sipuluanna
ibana..
mui peluru la ana uli’u..
yau edo tomangi..
bakke’u ubawa cere’
cere..’ hinggaa lanyya massa manggitu’e..
anu yau edo “peduli lagi”
mello’u tuo sansou pe taung..
Puisi khairil anwar dalam bahasa wotu yang berjudul aku
Sebuah wall facebook saya yang diangkat sepupu saya aRuL
Entah bahasanya itu sudah sesuai atau belum, grammarnya sudah tepat atau belum, yang jelas saya cuman ingin menampilkan dan merekam bahasa ibu saya.

Bisa jadi terjemahan di atas itu, sudah sebatas bahasa wotu pergaulan saja, bukan lagi bahasa wotu sebenarnya. Atau malahan sudah bercampur dengan bahasa Bugis. Entah Bahasa Wotu yang mengikut Bahasa Wotu atau sebaliknya Bahasa Bugis yang mengikut Bahasa Wotu.
Bahasa Wotu tergerus oleh zaman? hmm…. Bahasa yang digunakan oleh Orang Wotu saja, Wotu hanyalah sebuah Kecamatan di Luwu Timur, bisa memiliki sebuah bahasa yang beda dengan bahasa di sekitarnya.
Wotu Ottona Luwu, dimana sudah menjadi cerita epik bahwa Asal Mula Kerajaan Luwu ada di daerah Wotu. Kata bapak saya sih, Bahasa Wotu itu Bahasa Purba.
Tulisan asli klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar