Senin, 25 Oktober 2010

Monumen Lalambate Tarantajo

Monumen Perjuangan Rakyat Wotu
Namun sayang waktu kampanye Pemilu Legislatif dihinggapi banyak spanduk kampanye.

Kalau saya satu ungkapan, PARTAI KURANG AJAR!!!
Monumen itu adalah monumen perjuangan yang berada Wotu, tepat di pertigaan jalan, dari Kota Masamba (Ibukota Kabupaten Luwu Utara) menuju ke Malili (Ibukota Kabupaten Luwu Timur) dan Kota Wotu sendiri, ada satu lagi sih menuju ke Pelabuhannya Wotu. Monumen ini persis berada di depan Puskesmas Wotu dan pangkalan ojek.
Monumen ini sendiri bertitahkan suatu kalimat dalam bahasa Wotu Lalambate Tarantajo yang artinya Bersatu kita teguh dan bercerai kita runtuh. Ungkapan yang sudah membudaya membuktikan dari dulu di semua tanah di Indonesia menggunakan semboyan yang sama dalam menghadapi penjajah.
Di bagian atas monumen, ada pajung atau payung, yang bagi orang Luwu itu memiliki nilai historis yang tinggi sebagai pelindung bagi rakyat.
Sayang monumen perjuangan itu, dijadikan ladang kampanye para Parpol dan calegnya, yang memang merupakan tempat strategis karena dengan satu fokus bisa melihat ke arah Baliho itu.
Benar-benar partai kurang ajar, omongannya doang yang perhatikan pahlawan, tapi untuk hal yang kecil menggantungkan kampanyenya di monumen perjuangan. Betul-betul tidak menghargai perjuangan pahlawan.
Ngapain dipilih kalo seperti itu…. hmm…..

Sumber Foto di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar